Pakar: Koalisi PKS-PKB butuh parpol nasionalis usung Capres 2024

Koalisi PKS dan PKB memiliki misi yang sama yakni menjadikan Pilpres 2024 diikuti oleh lebih dari dua pasangan calon presiden (capres).

Bendera partai politik. Foto: Istimea.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membentuk Koalisi Semut Merah di Pilpres 2024. Dua partai ini memiliki misi yang sama yakni menjadikan Pilpres 2024 diikuti oleh lebih dari dua pasangan calon presiden (capres) atau tidak berlangsung head to head.

Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas berpendapat, koalisi PKS dan PKB ini masih memerlukan dukungan dari partai nasionalis jika ingin mengusung capres dan cawapres di Pilpres 2024. Dia memprediksi, parpol yang akan bergabung dalam Koalisi Semut Merah ialah Partai Demokrat.

"Kalau melihat partai politik yang memiliki kursi di DPR, yang berpeluang bergabung dengan PKB dan PKS adalah Partai Demokrat," ujar Fernando dalam keterangannya, Senin, (13/6).

Fernado menjelaskan, Koalisi Semut Merah masih belum cukup untuk mengusung capres dan cawapres lantaran hanya memenuhi 18,78 persen suara. PKB memiliki 58 kursi di DPR dan PKS hanya memiliki 50 kursi.

"Kalau keduanya sepakat membangun koalisi Semut Merah masih hanya memiliki kursi di DPR sebesar 18,78%," kata dia.