Kongres PAN ricuh, puluhan peserta terluka

Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam langsung turun tangan.

Senior Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa (tengah) memasuki ruang Kongres V PAN dengan pengawalan ketat aparat keamanan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020)/Foto Antara/Jojon.

Kericuhan terjadi di ruang sidang Kongres ke-V PAN, di Hotel Clarion Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2). Pendukung calon Ketua Umum (Caketum) DPP PAN periode 2020-2025 Mulfachri Harahap bentrok dengan pendukung Zulkifli Hasan. 

Kejadian itu berawal ketika sidang pleno diskorsing ketua sidang dan meminta para peserta kongres untuk keluar ruangan. Namun, pendukung Zulkifli Hasan tidak mengindahkan instruksi tersebut, hingga memicu kemarahan pendukung Mulfachri Harahap. Gesekan antarkedua pendukung akhirnya pecah.

Ruangan kongres berantakan, dan kursi berhamburan akibat kejadian tersebut. Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam langsung turun tangan dan mengarahkan personelnya untuk mengamankan keributan.

Ketua DPW PAN Sulawesi Barat Asri Anas mengklaim ada sebanyak 30 orang peserta kongres yang merupakan pendukung Mulfachri Harahap, diserang sekelompok orang di ruang sidang utama Kongres PAN, di Ballroom Hotel Claro Kendari.

Dia mengatakan 30 orang tersebut sedang dalam perawatan untuk penyembuhan di sebuah ruangan di Hotel Claro, Kendari.