Loyalis akan bentuk Dewan Kopral, Ganjar: Saya minta semua menahan diri

Loyalis Ganjar akan membentuk Dewan Kopral untuk menandingi Dewan Kolonel bentukan sebagian anggota DPR dari Fraksi PDIP. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta relawannya untuk menahan diri terkait pembentukan Dewan Kopral, guna menandingi Dewan Kolonel yang sudah dibentuk untuk mendukung Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani maju dalam Pilpres 2024.

Sebab, kata Ganjar, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyantob juga sudah menegaskan bahwa Dewan Kolonel hanya merupakan guyonan politik dari sebagian anggota Fraksi PDIP di DPR. 

"Saya minta semuanya bisa menahan diri. Tadi Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) sudah menyampaikan itu hanya candaan-candaan, jadi publik tidak perlu merespons," kata Ganjar kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (23/9).

Menurut Ganjar, hanya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mempunyai kewenangan untuk memilih capres yang akan diusung partai berlogo banteng tersebut. 

"Toh penentuan soal copras-capres kan PDIP itu urusan ketum. Kedua yang menentukan juga partai, kalau sudah ditentukan ya saya kira semua relawan dari pendukung siapapun akan kolaborasi," ujar Ganjar.