Mahfud MD bongkar Jokowi bisa jadi peluru kubu Prabowo

Setelah Mahfud MD membongkar alasan tak terpilih sebagai Cawapres Jokowi, cerita itu diperkirakan bisa menjadi peluru baru bagi kubu Prabowo

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD membeberkan penyebab dirinya tak dipilih sebagai Cawapres oleh petahana Joko Widodo di salah satu stasiun televisi swasta. / Facebook

Setelah Mahfud MD membongkar alasan tak terpilih sebagai Cawapres Jokowi, cerita itu diperkirakan bisa menjadi peluru baru bagi kubu Prabowo.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD membeberkan penyebab dirinya tak dipilih sebagai Cawapres oleh petahana Joko Widodo di salah satu stasiun televisi swasta. Sejumlah spekulasi bermunculan bahwa apa yang diungkapkan oleh mantan Ketua MK tersebut akan berdampak secara elektoral kepada pasangan Jokowi-Maruf Amin. Pasalnya, dalam keputusan tersebut, dicurigai amat bertalian dengan hasrat politik dari Maruf Amin.

Pengamat Politik Lingkar Madani Ray Rangkuti mengatakan apa yang dilakukan oleh Mahfud tak akan berdampak kepada elektoral pasangan calon Jokowi-Maruf, alias tak akan mengurangi jumlah pemilih Jokowi.

"Jadi ini hanya menambah kekecewaan dari orang-orang yang tak setuju dengan penunjukan pak Maruf, jadi dengan cerita pak Mahfud itu semakin menambah kekecewaannya, tapi tak akan menambah orang yang kecewa," paparnya di Menteng, Jakarta, Rabu (15/8).

Ia mengatakan, penunjukan Ma'ruf Amin sebagai pendamping Jokowi memang sangat dipengaruhi oleh desakan partai pendukung. Sejumlah partai itu berhasrat agar Ma'ruf Amin dapat menjadi pendamping Jokowi, sehingga membuat nama Mafud MD tereleminasi.