Maju Pilkada 2020, Gibran Rakabuming ngaku akan belajar dari Tri Rismaharini

Ruang terbuka hijau di Solo saat ini baru sekitar 9%. Jumlah itu menurut Gibran masih jauh dari ideal.

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (tengah) berjalan menuju Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah untuk mengembalikan formulir pendaftaran pencalonan sebagai Wali Kota Surakarta di Semarang, Jawa Tengah. Antara Foto

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku bakal belajar dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini tentang penghijauan kota. Hal tersebut bakal ditempuh untuk kemudian diterapkannya jika ia benar-benar terpilih menjadi Wali Kota Surakarta.

Diketahui, Gibran mencalonkan diri menjadi wali kota Surakarta pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2020 yang akan dilakukan secara serentak. Sama seperti ayahnya, pencalonan Gibran berasal dari PDI Perjuangan. 

“Saya ingin belajar dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Salah satu wali kota yang menggalakan penghijauan di Surabaya. Kalau tidak salah sekarang suhu di Surabaya menurun hingga sekitar dua derajat dampak dari penghijauan tersebut,” kata Gibran di Mojosongo, Jebres, Solo, Minggu (5/1).

Gibran menyatakan demikian menjawab pertanyaan warga yang aktif memberikan masukan soal penghijauan di Kota Surakarta. Gibran mengaku mengapresiasi masih ada warga yang menyuarakan soal penghijaun tersebut. 

"Soal penghijauan di Kota Solo memang ruang terbuka hijau masih kurang. Jika dilihat idealnya minimal 20% dari luas wilayah Solo," kata Gibran.