Mardani Ali Sera klaim PKS tolak tawaran masuk kabinet Jokowi

PKS menolak tawaran Presiden Joko Widodo untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahan. Belakangan, Prabowo memutuskan menjadi menteri Jokowi.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menegaskan perwakilan partainya sempat dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alinea.id/Soraya Novika

PKS menolak tawaran Presiden Joko Widodo untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahan. Belakangan, PKS ditinggal oleh Gerindra setelah Prabowo Subianto masuk kabinet.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menegaskan perwakilan partainya sempat dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bergabung. Namun, secara tegas komitmen PKS tetap menolak bujukan untuk bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Yang kemarin ada undangan, tapi kami sampaikan dengan lembut, nanti saja pak," ujar Mardani saat ditemui usai mengisi diskusi media bertajuk DPR-RI Periode 2019-2024 antara Kritik dan Harapan di The Indonesia Institute, Jakarta Pusat, Selasa (29/10).

Menurutnya, saat itu yang dipanggil adalah Presiden PKS Sohibul Iman. Namun, ajakan itu ditolak oleh PKS lantaran khawatir dianggap bakal merapat ke pemerintah.

"Pernyataan pertama pak Sohibul Iman, saat itu, tahun 2015, maaf pak Jokowi, kami izin tetap di luar pemerintahan, kami akan kritis dan konstruktif," katanya.