Menang di kongres ricuh, Zulkifli Hasan minta maaf ke kubu Mulfachri

"Saya mewakili kawan-kawan semua. Saya meminta maaf kepada Mulfachri dan tim pendukungnya."

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan hak suaranya saat pemilihan Ketua Umum periode 2020-2025, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Foto Antara/Jojon

Zulkifli Hasan yang terpilih kembali menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat atau Ketum DPP PAN periode 2020-2025, meminta maaf pada kubu Mulfachri Harahap. Sebab saat kongres berlangsung, kedua belah kubu terlibat kericuhan. 

"Terlepas dari apapun, kalau ada gesekan-gesekan apa pun, kami yang bersalah. Saya mewakili kawan-kawan semua. Saya meminta maaf kepada Mulfachri dan tim pendukungnya," kata Zulkifli Hasan dalam pidato setelah ditetapkan sebagai pemenang dalam pemilihan ketua umum dalam Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/2).

Dia mengatakan Mulfachri Harahap yang menjadi rivalnya dalam pemilihan ketua umum PAN adalah orang yang keras. Meski begitu, kata Zulkifli, pada dasarnya Mulfachri adalah orang yang baik.

Wakil Ketua MPR RI yang kerap disapa Zulhas ini pun berharap semua kubu kembali melebur seiring berakhirnya pelaksanaan kongres. Persatuan seluruh kader PAN dinilai penting bagi kejayaan partai tersebut.

"Dengan berakhirnya sidang ini, saya berharap kita mempererat kembali, bersatu kembali. Jika kita bersatu, Insya Allah Partai Amanat Nasional menjadi partai yang besar dan kuat," katanya.