Mesra Mega-Prabowo dan kalkulasi capres terkuat Pilpres 2024

Ada wacara duet ulangan Mega-Prabowo. Namun, banyak pula sosok potensial untuk memenangkan Pilpres 2024.

Ilustrasi koalisi politik. Alinea.id/Oky Diaz.

Bak cinta lama bersemi kembali, hubungan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto tampak “mesra” belakangan ini. Mereka sempat berjuang bersama untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009, namun kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Lalu, sempat renggang karena pertarungan Pilpres 2014 dan 2019.

Setidaknya, potret lekat Mega dan Prabowo bisa dilihat saat peresmian patung Bung Karno menunggang kuda di lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Minggu (6/6). Dalam kesempatan itu, Mega menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada Prabowo.

Kata Mega, peresmian itu sangat spesial lantaran bertepatan dengan peringatan hari lahir ke-120 Sukarno. “Jadi sungguh menurut kami keluarga, sangat istimewa,” ujar Ketua Umum PDI-P itu, seperti dilansir dari Antara, Minggu (6/6).

Hubungan akrab pun tergambar ketika Prabowo hadir dalam pengukuhan Mega sebagai Profesor Kehormatan Universitas Pertahanan (Unhan) pada Jumat (11/6). Ketika itu, sang Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra datang dan tiba bersamaan dengan Mega di Aula Merah Putih, Unhan, Jakarta.

Sinyal duet ulangan?