Moeldoko bantah Prabowo soal bocor Rp500 triliun

Moeldoko menilai tudingan Prabowo tidak berdasarkan data dari lembaga resmi pemerintahan yang independen dan kredibel.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (12/2). / Achmad Al Fiqri-Alinea.id

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko turut angkat bicara menanggapi tudingan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menyebut kebocoran anggaran mencapai Rp500 triliun. Ia menilai, tudingan tersebut tidak berdasarkan pada data yang akurat.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, jika terjadi kebocoran anggaran, lembaga independen seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pasti sudah melihat dugaan kebocoron anggaran tersebut.

"Pada tataran lebih tinggi ada Komisi Pemberantasan Korupsi yang bisa melihat dengan sungguh-sungguh atas penyimpangan anggaran tersebut," ujar Moeldoko di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/2).

Moeldoko menilai, tudingan tersebut tidak berdasarkan data dari lembaga resmi pemerintahan yang independen dan kredibel. Kendati demikian, ia meminta agar masyarakat dapat membedakan opini pribadi yang tidak berdasarkan data dengan pernyataan resmi lembaga independen dari pemerintahan.

Ia menyampaikan, pemerintah hanya mengacu pada lembaga-lembaga kredibel untuk menentukan terjadinya penyimpangan anggaran, seperti BPKP, BPK, dan KPK.