Moeldoko klaim Papua aman usai pembentukan DOB

Kini pemerintah tengah fokus membangun transportasi di wilayah DOB Papua.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Twitter/@KSPgoid

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut, secara umum wilayah Papua dalam kondisi aman. Menurutnya, peningkatan kekerasan hanya terjadi di titik tertentu di wilayah pegunungan. 

"Pemerintah berkomitmen untuk terus mengupayakan penciptaan perdamaian dan pemulihan keamanan di Papua," ujar Moeldoko kepada wartawan, Jumat (24/2).

Moeldoko pada Kamis (23/2) memimpin rapat tingkat menteri dalam upaya menjaga kestabilan pembangunan di Papua pascapembentukan empat Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Papua Barat Daya, dan Provinsi Papua Selatan. 

Rapat ini juga membahas situasi keamanan terkini. Menurutnya, sesuai dengan data berbagai lembaga, masih ada tindak kekerasan di beberapa kabupaten Papua.

"Ini sungguh ironis, karena pada satu sisi, pemerintah terus memasifkan pembangunan di Papua dan indikator seperti Indeks Pembangunan Manusia terus meningkat, namun pada sisi lain masih ada pihak pengganggu keamanan yang melakukan kekerasan," katanya.