Berpotensi digugat, NasDem minta AHY tak sekadar lisan sampaikan pencalonan Anies

Menurut Ali, pernyataan dukungan partai tidak bisa hanya sekedar lisan.

Anies Baswedan (kiri), dan Ketum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengadakan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, pada Jumat (7/10/2022). Alinea.id/Marselinus Gual

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali meminta Partai Demokrat untuk mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) di 2024 secara resmi. Pangkalnya, partai yang dinakhodai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu baru menyampaikan dukungan secara lisan, bukan melalui mekanisme internal.

"Mekanisme pengambilan keputusan pencalonan Pak Anies itu kan harusnya diambil lewat mekanisme internal partai," ujar Ali kepada wartawan, Sabtu (25/2).

Diketahui, Partai Demokrat telah menyampaikan dukungan resmi ke Anies sebagai bacapres. Namun, bagi Ali, dukungan tersebut hanya berdasarkan pernyataannya AHY.

Berbeda dengan Partai Demokrat, kata Ali, Nasdem dan PKS sudah secara resmi menetapkan dan mendeklarasikan Anies sebagai bacapres 2024. Keputusan itu berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional (rakernas) Partai NasDem. Kemudian, Surya Paloh mendeklarasikan Anies sebagai bacapres 2024 di Nasdem Tower, Menteng,  pada Senin, 3 Oktober 2022.

Sementara PKS mendeklarasikan Anies Bacapres 2024 pada Kamis (23/2), setelah adanya penetapan oleh Majelis Dewan Syuro PKS.