PAN: Amien Rais telah resmi keluar dan meninggalkan PAN

PAN tidak memiliki program khusus berkaitan dengan berdirinya Partai Ummat.

Amien Rais (tengah) dinyatakan telah ke luar dan meninggalkan PAN. Foto Antara/Reno Esnir

Partai Amanat Nasional (PAN) resmi menganggap Amien Rais telah mengundurkan diri menjadi kader. Hal itu didasari atas pengumuman Partai Ummat, partai baru yang didirikan Amien Rais, pada Kamis (1/10).

"Secara resmi dan legal konstitusional, Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN. Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan Ketua Umum PAN periode 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi dalam keterangannya, Kamis (1/10).

Viva menegaskan, PAN tidak memiliki program khusus berkaitan dengan berdirinya Partai Ummat. Partai berlambang matahari biru itu menyatakan akan tetap fokus menjalankan sejumlah program. Seperti menyelesaikan konsolidasi organisasi sampai ke tingkat desa melalui kegiatan permusyawaratan.

Kemudian, membuat program kemanusian untuk membantu pemerintah memberantas pandemi Covid-19, menjalankan fungsi konstitusional di lembaga legislatif, termasuk fungsi kontrol dan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan, serta masif bergerak membangun proses perkaderan partai.

"PAN meyakini kader dan pengurus PAN memiliki rasionalitas politik dan berakal sehat. Mereka akan tetap istikamah dan cinta PAN," tegasnya