PAN sebut KIB dibentuk karena ada kesetaraan partai politik

KIB bukan sekedar urusan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) namun lebih besar dari itu, yakni edukasi politik.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus. Foto: dpr.go.id/Dok/Man

Politikus PAN Guspardi Gaus menyebut, terbentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan bagian dari pendidikan dan pencerahan politik yang dilakukan oleh elite Golkar, PAN dan PPP.

Bagi Guspardi, KIB bukan sekedar urusan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) namun lebih besar dari itu, yakni edukasi politik.

"KIB ini adalah soal pendidikan politik dan pencerahan yang dilakukan oleh para petinggi partai, baik Golkar, PAN dan PPP," ujar Guspardi kepada wartawan, Kamis (28/7).

KIB dibentuk karena ada keseteraan antara partai politik, Golkar, PAN dan PPP. Koalisi ini dibuat lebih awal agar mempunyai banyak waktu untuk mendiskusikan platform kebijakan yang ingin dibawa pada kontestasi pemilu. 

"Waktu yang cukup untuk mengelaborasi kepentingan politik masing-masing partai dan memiliki potensi guna menciptakan koalisi yang berlandaskan pada ide dan gagasan, menuju momen Pemilihan Umum 2024," kata anggota Komisi II DPR ini.