PAN siap abaikan Amien Rais demi gabung Jokowi-Ma'ruf

"Jadi kami beranggapan, visi-misi kami dengan Pak Jokowi cocok."

Sekjen PAN Eddy Soeparno (tengah) didampingi jajaran pengurus partai memberikan keterangan pers terkait hasil putusan sidang MK, di Kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (27/6)./ Antara Foto

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan menyatakan partainya memiliki peluang besar untuk bergabung dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Bara bahkan menyebut PAN siap untuk mengabaikan Amien Rais jika Ketua Dewan Kehormatan PAN itu memiliki pandangan berbeda. 

"PAN siap untuk membantu dan mengawal Presiden Jokowi untuk memimpin sampai 2024. Jadi kami beranggapan, visi-misi kami dengan Pak Jokowi cocok," ujar Bara saat ditemui di kompleks DPR RI, Jakarta, Jumat (28/6). 

Mahkamah Konstitusi (MK) telah membacakan perselisihan hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 yang diajukan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. MK menolak semua gugatan yang diajukan pasangan calon nomor urut 02 itu. Dengan demikian, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf, menjadi pemenang Pilpres 2019.

Bara mengakui belum ada keputusan final terkait arah politik PAN ke depan. PAN akan membahas hal tersebut pada rapat kerja nasional (rakernas) yang dijadwalkan akan berlangsung pada Juli mendatang. 

PAN juga belum melakukan komunikasi politik dengan partai-partai pendukung Jokowi-Ma'ruf. Namun dia menggarisbawahi bahwa kemungkinan PAN untuk berada di barisan pendukung Jokowi-Ma'ruf memiliki kemungkinan besar.