Partai Berkarya berharap MK hapus ambang batas

Tommy Soeharto akan diusung jadi capres Berkarya jika MK menghapus ambang batas.

Ketua Umum Berkarya Tommy Soeharto digadang-gadang sebagai caleg terkuat dari Berkarya./ Antarafoto

Partai Berkarya masih menaruh harap terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ambang batas pencalonan Pilpres 2019 mendatang. Pasalnya partai keluarga Cendana itu berharap Tommy Soeharto adalah sosok yang akan maju menjadi capres dalam kontestasi politik tersebut.

“Kalau diputuskan nol persen lebih baik Pak Tommy Soeharto akan kami desak dan kami daulat menjadi capres dan caleg beliau di Papua akan ditarik, diganti orang lain,” kata Sekjen DPP Partai Berkarya Priyo Budi Santoso, Jumat (3/8).

Menurutnya nama Tommy muncul dari aspirasi kader-kader Berkarya lainnya. Kendati demikian, dalam pertemuan ijtima ulama minggu lalu yang merekomendasikan Prabowo sebagai capres, Tommy menghormati rekomendasi itu.

Priyo sendiri menjelaskan, ketumnya itu memang memberikan sinyal atas direkomendasikannya Prabowo oleh ijtima ulama. Namun, ia juga menjelaskan hal itu bukan berarti Berkarya akan merapat dalam koalisi partai pengusung Prabowo.

“Ya, kan ketua umum kami sudah memberikan sinyal sudah menghormati ijtima ulama dan para tokoh nasional, akan tetapi gabungan koalisi itu hanya terjadi apabila ada proses kimiawi yang sama, ada semacam chemistery yang sama. Kalau chemistery-nya tidak terjadi ya tidak akan terjadi, tapi arahnya ya sepertinya ya begitu lah,” ujarnya.