Kebijakan asimilasi Menkumham digugat, PDIP: Yasonna sudah tepat

Kebijakan asimilasi Menkumham Yasonna atas pertimbangan kemanusiaan

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019)/Foto Antara.

Anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan, menghormati langkah tiga lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang menggugat kebijakan asimilasi Menkumham, Yasonna Laoly lantaran dianggap meresahkan publik.

Ia menilai yang dilakukan ketiga LSM tersebut sudah tepat. Namun, Arteria meminta publik juga wajib menghormati jalannya proses peradilan, dan tidak mengumbar polemik ini terlampau jauh.

"Saya menilai kebijakan yang diambil Menkumham, Yasonna Laoly sudah tepat, cermat dan melalui pertimbangan yang matang. Serta sempat pula dibicarakan dan disetujui oleh DPR dalam Rapat Kerja Komisi III sebelum kebijakan tersebut diambil," kata Arteria saat dikonfirmasi, Selasa (28/4).

Politikus PDIP ini menepis tudingan bahwa kebijakan tersebut diambil tidak melalui pertimbangan yang matang dan cenderung transaksional. Bahkan ini meminta tudingan tersebut dibuktikan.

Ditegaskan Arteria, nyatanya kebijakan publik ini sudah disepakati bersama. Oleh karrna itu ia berharap tidak ada pihak yang sembarang berbicara, apalagi menggiring opini publik seolah mengesankan bahwa kebijakan tersebut diambil atas dasar transaksional.