PDIP: Prabowo langgar deklarasi pemilu damai

Deklarasi pemilu damai dianggap sebagai kontrak politik untuk menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku.

PDI P menilai Prabowo langgar kontrak pemilu damai./Antara

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merespons sikap calon presiden Prabowo Subianto terkait hasil pemilihan presiden (pilpres). PDIP menilai sikap Prabowo yang menolak hasil pilpres bertentangan dengan deklarasi pemilu damai. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyayangkan keputusan calon presiden nomor urut 02 beserta tim pemenang yang menarik seluruh saksi dalam rekapitulasi perhituangan suara pilpres 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurut Hasto, hal tersebut bertentangan dengan komitmen deklarasi pemilu damai. 

"Deklarasi pemilu damai yang ditandatangani seluruh paslon dan pimpinan parpol merupakan kontrak politik untuk menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Kamis (16/5). 

Meski begitu, Hasto bilang PDIP yakin akan sikap kenegarawan Prabowo. PDIP juga optimistis saat pengumuman resmi hasil Pemilu 2019 oleh KPU pada 22 Mei mendatang situasi politik akan aman dan terkendali. 

"Selama ini Ibu Megawati Soekarnoputri dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan hal yang positif tentang Pak Prabowo. Jadi PDIP meyakini dengan melihat dukungan para tokoh nasional, kesiapan TNI dan Polri," tuturnya.