Membaca peluang koalisi Gerindra usai Jokowi-Prabowo bertemu lagi

Jokowi dan Prabowo bertemu selama 1 jam di Istana Negara untuk membahas peluang koalisi dengan Gerindra.

Presiden Joko Widodo (kanan) melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10). / Antara Foto

Kurang dari 10 hari lagi, Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dilantik secara resmi oleh MPR RI. Dijadwalkan, pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin akan digelar pada Minggu (20/10).

Menjelang pelantikan, desas-desus pembentukan kabinet Jokowi-Amin jilid II mulai mengemuka. Lobi-lobi politik telah berlangsung sejak pemilihan pimpinan DPR dan MPR pada awal Oktober 2019.

Isu masuknya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang dipimpin Prabowo Subianto ke dalam kabinet kian santer terdengar. Meski Prabowo dan Jokowi adalah rival dalam Pilpres 2014 dan 2019, peluang berkoalisi di dalam pemerintahan masih terbuka lebar.

Di tengah rumor kursi menteri untuk Gerindra kian kuat, Presiden Jokowi mengundang Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto ke Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (11/10).

Pertemuan itu berlangsung selama satu jam. Prabowo dan Jokowi kompak mengenakan pakaian putih. Sebuah simbol seiring sejalan di antara kedua tokoh bangsa itu.