Politik

Survei SMRC: Pemilih Nasdem memilih Ganjar dan Anies di Pilpres 2024

Data ini cukup koheren atau konsisten dengan opini yang dibangun oleh elite Nasdem dalam rapat kerja nasional (rakernas) baru-baru ini.

Sabtu, 18 Juni 2022 14:42

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan, umumnya pemilih partai Nasional Nasdem) mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dilakukan sekarang.

Pendiri SMRC Saiful Mujani membeberkan, survei SMRC menunjukkan, pemilih Nasdem di 2019 yang akan memilih Ganjar jika pilpres diadakan sekarang sebanyak 41% yang akan memilih Anies 31%, Prabowo 12%.

Menurut Saiful, data ini cukup koheren atau konsisten dengan opini yang dibangun oleh elite Nasdem dalam rapat kerja nasional (rakernas) baru-baru ini. Walaupun urutan perolehan dukungannya berbeda, menurut dia, dua besar yang didukung oleh elite dan massa pemilih Nasdem cukup konsisten.

"Secara umum, aspirasi yang dikembangkan oleh DPW Nasdem cukup konsisten dengan pemilih Nasdem sendiri. Artinya, Nasdem mendengarkan apa kata pemilih mereka sendiri," kata Saiful dalam rilis survei, Sabtu (18/6).

Data ini menarik, karena Ganjar adalah kader partai besar PDI Perjuangan. Dia menyebut, di media, Ganjar menyatakan adalah kader PDI Perjuangan. Ini menunjukkan Nasdem cukup terbuka terhadap berbagai aspirasi yang berkembang dalam masyarakat.

Marselinus Gual Reporter
Hermansah Editor

Tag Terkait

Berita Terkait