Pengamat: Jokowi jangan reaktif dan emosional

Penyataan reaktif Jokowi berpotensi menurunkan elektabilitas Jokowi.

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) menyapa peserta jalan sehat bertajuk Sehat Bersama #01JokowiLagi di Lampung, Sabtu (24/11)./ Antara Foto

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Sarwi Chaniago, menyayangkan sikap calon presiden petahana, Joko Widodo, yang kerap terpancing merespons isu-isu murahan. Menurutnya, hal ini membuat Jokowi memberikan respon reaktif yang justru menuai kontroversi.

"Semestinya petahana yang menciptakan arus sendiri, bukan malah sebaliknya ikut arus sang penantang," jelas Pangi melalui siaran pers yang diterima Alinea.id, Selasa (27/11).

Menurutnya, respons yang reaktif menunjukkan kekecewaan Jokowi, karena masih ada masyarakat yang percaya terhadap isu yang dihembuskan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Salah satunya isu yang dihembuskan untuk menyerang Jokowi, adalah isu yang menyebut Jokowi sebagai bagian dari Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Pangi menilai, Jokowi meresponsnya terlalu berlebihan. 

"Dengan emosional Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya ingin mencari dan menabok pihak-pihak yang masih memainkan isu ini," jelas Pangi.