Hasto: Pengumuman bacapres PDIP antara Mei, Juni, dan Agustus 2023

Pengumuman akan dilakukan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: Twitter

PDI Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan bakal calon presiden untuk bertarung di Pilpres 2024 pada momentum yang tepat. Momentum yang tepat itu bisa kapan saja. Pengumuman akan dilakukan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto memberi sinyal, pengumuman bakal calon presiden berkisar antara Mei, Juni, dan Agustus 2023. Hasto menegaskan DPP PDIP melihat banyak momentum historis dan ideologis yang sangat penting bagi masa depan pada waktu-waktu ke depan.

Pada Mei, misalnya. Pada 20 Mei tidak hanya ditetapkan oleh Presiden pertama RI Bung Karno sebagai Hari Kebangkitan Nasional, tetapi juga sebagai hari mendirikan Lemhannas. Tepatnya 20 Mei 1965.

"Lembaga strategis tersebut berfungsi menjadi kawah candradimuka para pemimpin, baik sipil, militer, kelompok fungsional progesional, pusat, daerah, dan semua di-blended menjadi calon pemimpin dengan kesadaran geopolitik. Ini salah satu contoh momen historis yang ada," ujar Hasto lewat keterangan tertulis, Jumat (21/4).

Juni juga sebagai bulan yang sangat penting: Bulan Bung Karno. Pancasila, ujar Hasto, terbukti menjadi alat pemersatu bangsa karena melekat falsafah, dasar, tujuan, dan the way of life bangsa.