Performa Prabowo, Ganjar, Anies di mata pakar mikro ekspresi

Prabowo jadi kandidat yang tampil paling emosional di debat resmi perdana Pilpres 2024.

Calon presiden Prabowo Subianto bersalaman dengan kompetitornya, Anies Baswedan menjelang dimulainya debat perdana Pilpres 2022 di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12). /Foto Instagram @prabowo

Adu gagasan antara Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam debat sesi pertama yang diselenggarakan di halaman depan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Selasa (12/12), mengungkap karakter masing-masing kandidat.  Ada makna khusus dari tutur kata, raut muka, dan gestur tubuh yang diperlihatkan ketiganya saat berdebat. 

Pakar mikro ekspresi Dody Triasmara mengungkap Prabowo, Ganjar, dan Anies terlihat canggung dan gugup di sesi-sesi awal debat. Namun, ketiganya tampak lebih percaya diri saat debat memasuki segmen ketiga atau sesi saling tanya antarkandidat.  

Dari segi artikulasi menyampaikan gagasan, menurut Dody, Anies terlihat lebih piawai ketimbang Prabowo dan Ganjar. Jika dilihat dari diksi atau pilihan kata yang digunakan, Anies cenderung lebih berani menyerang kompetitornya. 

"Dia mengkritisi dengan halus karena dia tidak menyerang langsung. Anies terlihat memposisikan lebih unggul dari paslon lain dengan mengungkap pengalaman sebagai Gubernur DKI Jakarta. Tapi, ada gestur yang agak meragukan. Ini yang perlu diteliti lebih lanjut," ujar Dody kepada Alinea.id, Rabu (13/12).

Dody memandang Anies juga mahir memeragakan bahasa tubuh yang bertujuan membuat orang teringat akan pengampilan debatnya. Saat membahas soal kondisi penegakan hukum di Indonesia, misalnya, Anies mengepalkan jarinya untuk mencontohkan bahwa 'hukum tumpul ke atas, tapi tajam ke bawah'.