Pilpres 2024 diprediksi berlangsung 2 putaran

Survei SMRC menyebutkan suara yang berimbang antara tiga pasangan mengakibatkan pilpres digelar dua putara.

Pilpres 2024 diprediksi berlangsung dalam dua putaran berdasarkan survei terbaru lembaga SMRC. Foto: perludem.go.id.

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani menyebut, pemilihan presiden (Pilpres) 2024 kemungkinan besar berlangsung dalam dua putaran. Catatannya, bila yang maju dalam pilpres ialah tiga pasangan.

Berdasarkan survei SMRC, Saiful mengatakan, bila pemilihan presiden dilakukan saat ini dan yang maju adalah tiga pasangan, yakni Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono, Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, dan Parbowo Subianto-Puan Maharani, maka hasilnya hasilnya seimbang. 

"Secara statistik suara mereka tidak berbeda signifikan. Anies-AHY mendapatkan 29,8% suara, Ganjar-Airlangga 28,5%, dan Prabowo-Puan memeroleh 27,5%. Masih ada 14,3% yang belum menjawab atau tidak tahu," ujar Saiful dalam keterangan pers, Kamis (21/4). 

Menurut Saiful, suara yang berimbang ini akan mengakibatkan pemilihan presiden tidak berlangsung satu putaran, melainkan dua putaran. 

Selain itu, lanjut Saiful, jika dalam Pilpres 2024 Prabowo Subianto-Puan Maharani melawan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono atau lawan Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, maka akan terjadi persaingan ketat.