PKB incar Mendagri Tito sebagai cawapres dampingi Cak Imin

PKB melirik sejumlah tokoh berlatar belakang pengusaha, jenderal, politisi, termasuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto Puspen Kemendagri.

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menegaskan, partainya melirik sejumlah tokoh potensial sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024. Para tokoh yang dilirik berlatar belakang pengusaha, jenderal, politisi, termasuk Panglima TNI Jenderal Andika Prakasa dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Kami melihat ada banyak nama, ada Jenderal Andika, Jenderal Tito Karnavian," kata Jazilul di Senayan, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6).

Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul memberikan catatan khusus kepada Mendagri Tito Karnavian. Menurutnya, mantan Kapolri itu bisa mewakili suara luar Jawa, khususnya Sumatera dan jenderal polisi yang akan berkontestasi di Pilpres 2024.

"Saya pikir Pak Tito ini bisa mewakili polisi juga," ujar Gus Jazil.

Selain Andika dan Tito, lanjut dia, PKB juga melirik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk manjadi cawapres. Hanya saja, kata Gus Jazil, PKB belum menjalin komunikasi dengan para kandidat cawapres tersebut.