PKS dan Demokrat segera bertemu

Pertemuan diperkirakan bakal terjadi pada awal Desember atau Januari 2020.

Rakornas PKS yang diselenggarakan di Jakarta pada 14 November lalu. PKS berencana menemui SBY dalam waktu dekat./Antara Foto

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat dikabarkan bakal menggelar pertemuan dalam waktu dekat. Belum diketahui apakah pertemuan kedua partai yang berkoalisi tersebut sebagai pemanasan membangun koalisi. 

Presiden PKS Sohibul Iman mengklaim kalau Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah setuju untuk mengadakan pertemuan awal Desember 2019 atau Januari 2020. Kepastian tersebut, kata Sohibul, setelah ia berkomunikasi dengan Waketum Demokrat, Syarief Hasan.

"Pak Syarief Hasan langsung bertanya ke Pak SBY. Beliau bersedia untuk berkomunikasi dengan kita tapi waktunya belum sekarang," kata Sohibul di gedung DPR, Senayan, Jakarta (26/11).

Menurut Sohibul, pertemuan kedua partai di luar koalisi pemerintah ini digagas para kader muda. Namun, PKS harus bersabar hingga SBY bersedia.

"Beliau (Syarief) katakan, mungkin pada pertengahan Desember atau juga mungkin awal Januari. Itu sudah jawaban,” ujar Sohibul.