Koalisi PKS-PKB buka komunikasi dengan Demokrat dan Nasdem bentuk poros ketiga

Gabungan PKB dan PKS masih kurang memenuhi persyaratan untuk mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024.

Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi. Foto: Istimewa.

Sekreteris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, pihaknya bersama PKB akan membuka komunikasi dengan Partai Demokrat dan Partai Nasdem untuk bergabung ke dalam Koalisi Semut Merah. PKS dan PKB sendiri tengah menjajaki Koalisi Semut Merah, dengan tujuan membentuk poros ketiga di Pilpres 2024.

Saat ini, gabungan PKB dan PKS masih kurang memenuhi persyaratan untuk mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024. Sebab, kedua partai politik (parpol) itu tak memenuhi persyaratan presidential threshold sebesar 20 persen atau 115 kursi parlemen. 

Jumlah total kursi PKB dan PKS sebanyak 108 kursi dengan perincian 58 kursi PKB dan 50 kursi PKS. Artinya, masih kurang tujuh kursi untuk bisa mencalonkan capres-cawapres di pesta demokrasi. 

"Artinya tinggal satu partai politik (untuk bergabung dalam koalisi). Ya, kita lihat semoga berjalan panjang umur dan bisa bertahan. Kita siap dengan Demokrat, kita siap dengan Nasdem, kita siap dengan yang lain, enggak masalah," ujar Aboe di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6). 

Selain itu, Aboe mengatakan, pihaknya juga tak menutup peluang bagi parpol yang sudah bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu untuk bergabung. Misalnya, seperti PAN atau Golkar.