Polemik pernyataan Menag, Dasco: Jaga suasana agar rakyat tak bingung

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco menilai, secara historis nomenklatur Kementerian Agama untuk semua agama.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/Foto Dok DPR RI

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, secara historis nomenklatur Kementerian Agama (Kemenag) dibuat untuk semua jenis agama yang ada dan diakui negara. Ini disampaikan Dasco menanggapi pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang menyebut Kementerian Agama sebagai hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU).

"Nomenklatur Kemenag untuk semua agama. Jadi selesai di situ," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/11).

Dasco tak mau mencari kambing hitam atau menyalahkan siapa yang bersalah dalam komentar Menag Yaqut itu. Apakah bicara di internal atau terbuka. Namun, Ketua Harian Partai Gerindra ini mengimbau agar semua kementerian, tak hanya Kemenag, agar menjalankan tupoksinya masing-masing.

"Mari kita menjaga supaya semua teguh dan sejuk, jaga suasana agar rakyat kita tidak bingung dan imunnya menjadi turun," tandasnya.

Diketahui, dalam webinar yang digelar RMI-PBNU, Yaqut bercerita tentang adanya staf Kemenag yang menyebut bahwa Kementerian Agama dibentuk sebagai hadiah untuk umat Islam. Menag Yaqut kemudian menolak anggapan itu.