Prabowo dukung Jokowi, PKB siap sambut Gerindra di kabinet 

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan pihaknya membuka pintu lebar untuk Gerindra masuk kabinet Jokowi.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) sebelum pertemuan di DPP PKB, Jakarta, Senin (14/10)./ Antara Foto

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku tidak keberatan apabila Partai Gerindra masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, juga mengaku tak khawatir partainya akan kehilangan jatah kursi menteri dengan merapatnya Gerindra.

"Membuka pintu yang selebar-lebarnya," kata Cak Imin usai menerima Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (14/10) malam.

Soal kursi kabinet, dia menganalogikannya dengan kepemimpinan dalam ibadah salat, yang terdiri atas imam dan makmum. Bagi dia, Gerindra ibarat makmum masbuk, yang terlambat bergabung dalam salat berjemaah.

Dia pun mengatakan, Prabowo telah menyampaikan kesediaannya untuk mendukung pemerintahan Jokowi. "Pak Prabowo menyampaikan bahwa beliau siap mendukung, menopang, mensukseskan pemerintahan, baik dalam kabinet mau pun di luar, yang penting persatuan, kebersamaan, dan sinergi untuk mensukseskan pembangunan," kata dia menuturkan.

Sementara itu, Prabowo menyatakan kursi menteri merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Prabowo pun memastikan partainya siap menerima keputusan Jokowi, untuk berada di dalam atau di luar susunan kabinet.