sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Prabowo dukung Jokowi, PKB siap sambut Gerindra di kabinet 

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan pihaknya membuka pintu lebar untuk Gerindra masuk kabinet Jokowi.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 14 Okt 2019 23:14 WIB
Prabowo dukung Jokowi, PKB siap sambut Gerindra di kabinet 

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengaku tidak keberatan apabila Partai Gerindra masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, juga mengaku tak khawatir partainya akan kehilangan jatah kursi menteri dengan merapatnya Gerindra.

"Membuka pintu yang selebar-lebarnya," kata Cak Imin usai menerima Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, di kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (14/10) malam.

Soal kursi kabinet, dia menganalogikannya dengan kepemimpinan dalam ibadah salat, yang terdiri atas imam dan makmum. Bagi dia, Gerindra ibarat makmum masbuk, yang terlambat bergabung dalam salat berjemaah.

Dia pun mengatakan, Prabowo telah menyampaikan kesediaannya untuk mendukung pemerintahan Jokowi. "Pak Prabowo menyampaikan bahwa beliau siap mendukung, menopang, mensukseskan pemerintahan, baik dalam kabinet mau pun di luar, yang penting persatuan, kebersamaan, dan sinergi untuk mensukseskan pembangunan," kata dia menuturkan.

Sementara itu, Prabowo menyatakan kursi menteri merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Prabowo pun memastikan partainya siap menerima keputusan Jokowi, untuk berada di dalam atau di luar susunan kabinet.

"Kalau memang dibutuhkan, siap. Kalau di luar juga kita siap," kata Prabowo.

Selain Prabowo dan Cak Imin, pertemuan di DPP PKB diikuti sejumlah petinggi kedua partai. Usai pertemuan yang berlangsung dua jam, Cak Imin dan Prabowo menyebut kedua partai mencapai kesepakatan politik, yakni kerja keras untuk rakyat.

"Kerja sama untuk kepentingan rakyat, siap di mana saja" ujar Cak Imin, yang diiyakan oleh Prabowo.

Sponsored

Sebelumnya, Prabowo telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (11/10). Kemarin, Prabowo juga bertemu dengan Ketum Nasdem Surya Paloh di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Prabowo juga berencana bertemu dengan para ketum partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) lainnya. Setelah bertemu Cak Imin, Prabowo rencananya akan bertemu Ketum Golkar Airlangga Hartarto.