PTM, pemerintah diingatkan faktor keamanan peserta didik

Kesiapan sarana dan prasarana sekolah terkait pembelajaran tatap muka harus mendapat dukungan penuh.

Siswa menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki lingkungan Jakarta Nanyang School, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (4/3/2020)/Foto Antara/Fauzan.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, mengingatkan pemerintah agar memperhatikan faktor keamanan peserta didik dan para pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Dia meminta, kesiapan sarana dan prasarana dalam pelaksanaan protokol kesehatan harus mendapat dukungan penuh.

"Rencana dimulainya pembelajaran tatap muka harus diikuti persiapan yang matang dari sisi teknis dan psikologis para peserta didik dan pengajar," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/3).

Politikus Partai NasDem ini mendukung pelaksanaan belajar tatap muka. Dia menilai pembelajaran tatap muka yang dimulai dengan tahapan prakondisi sebagai tahapan persiapan untuk pemberlakuan kebiasaan baru.

Kendati mendukung kelancaran persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka, Lestari berharap keputusan itu mendapat dukungan penuh dari para pemangku kepentingan baik dalam proses adaptasi yang dilakukan para peserta didik dan tenaga pengajar.

Dukungan tersebut, kata Lestari, dapat dalam bentuk kelengkapan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan sekolah atau bentuk dukungan lainnya.