Rajai popularitas-elektabilitas, ini 2 keunggulan Prabowo

Faktor trust pengaruhi tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas Prabowo Subianto.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat terbatas tentang program dan kegiatan bidang politik hukum dan keamanan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10)/ Antara Foto.

Survey and Polling Indonesia (SPIN) menempatkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mencuat sebagai tokoh dengan popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas tertinggi. Masing-masing sebesar 89,1%, 76,7%, dan 21,9%.

Menurut Direktur SPIN Igor Dirgantara, Prabowo memiliki peluang besar untuk maju lagi pada Pemilihan Umum 2024. Dari hasil survei, Igor mengatakan bahwa publik masih menaruh kepercayaan pada Prabowo.

Faktor trust atau kepercayaan itu, lanjut Igor, mempengaruhi tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas dari Prabowo. Secara spesifik, Igor kemudian menyampaikan ada dua keunggulan lain yang mempengaruhi responden untuk memilih Prabowo.

Pertama, Prabowo dinilai konsisten pada jalur konstitusi meski sering mengalami kekalahan dalam kontestasi politik. Kedua, Prabowo juga memiliki kapasitas untuk menjalin hubungan internasional.

“Misalnya dia (Prabowo) untuk ukuran internasional juga dikenal, misalnya dulu dikatakan Pak Prabowo akan ditolak masuk ke Amerika karena melanggar HAM, buktinya terakhir dia malah dijamu oleh Menhan Amerika, malah diundang, jadi secara internasional itu Pak Prabowo diakui,” kata Igor.