sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rajai popularitas-elektabilitas, ini 2 keunggulan Prabowo

Faktor trust pengaruhi tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas Prabowo Subianto.

Zulfikar Hardiansyah
Zulfikar Hardiansyah Rabu, 08 Sep 2021 18:42 WIB
Rajai popularitas-elektabilitas, ini 2 keunggulan Prabowo

Survey and Polling Indonesia (SPIN) menempatkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mencuat sebagai tokoh dengan popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas tertinggi. Masing-masing sebesar 89,1%, 76,7%, dan 21,9%.

Menurut Direktur SPIN Igor Dirgantara, Prabowo memiliki peluang besar untuk maju lagi pada Pemilihan Umum 2024. Dari hasil survei, Igor mengatakan bahwa publik masih menaruh kepercayaan pada Prabowo.

Faktor trust atau kepercayaan itu, lanjut Igor, mempengaruhi tingkat popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas dari Prabowo. Secara spesifik, Igor kemudian menyampaikan ada dua keunggulan lain yang mempengaruhi responden untuk memilih Prabowo.

Pertama, Prabowo dinilai konsisten pada jalur konstitusi meski sering mengalami kekalahan dalam kontestasi politik. Kedua, Prabowo juga memiliki kapasitas untuk menjalin hubungan internasional.

“Misalnya dia (Prabowo) untuk ukuran internasional juga dikenal, misalnya dulu dikatakan Pak Prabowo akan ditolak masuk ke Amerika karena melanggar HAM, buktinya terakhir dia malah dijamu oleh Menhan Amerika, malah diundang, jadi secara internasional itu Pak Prabowo diakui,” kata Igor.

Igor juga menilai apabila Prabowo merupakan tokoh yang selalu mengutamakan kepentingan rakyat. Igor merujuk pada beberapa literatur yang memuat sepak terjang Prabowo, seperti pidato dan buku.

“Kalau kita baca beberapa kali pidatonya, di bukunya, disebutkan bagaimana militer harus berpihak kepada rakyat, jadi itu yang selalu menjadi prioritas Pak Prabowo,” terang Igor.

Terakhir, Igor menyebut Prabowo sosok yang selalu menghimbau akan bahaya serangan asing. Kelebihan tersebut dinilai membawa Prabowo sebagai tokoh yang akan mampu mengayomi rakyat.

Sponsored

Sebelumnya, SPIN membeberkan hasil survei terhadap sejumlah tokoh. Dari sisi popularitas, Prabowo meraih 89,1%. Disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebanyak 87,9%, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 87,7%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 86,4%.

Kemudian, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 86,1%, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 83,4%. Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani menempati urutan ke tujuh dengan persentase sebesar 79,9%. Disusul Ketum Golkar Airlangga Hartarto di posisi kesembilan sebesar 79,1%.

Dari sisi akseptabilitas, Prabowo kembali tertinggi sebesar 76,7%. Disusul Anies Baswedan 70,5%, Ganjar Pranowo 70%, Agus Harimurti Yudhoyono 68,7%, Sandiaga Uno 66,5%, dan Ridwan Kamil 64,9%.

Selanjutnya, dari sisi elektabilitas, Prabowo juga di peringkat tertinggi sebesar 21,9%. Disusul Anies Baswedan 16,1%, Ganjar Pranowo 15,6%, AHY 8,7%, Ridwan Kamil 5,0%, Sandiaga Uno 4,9%.

Posisi berikutnya ada Puan Maharani sebesar 2,3%, Tri Rismaharini 1,8%, Khofifah Indar Parawansa 1,6%, Gatot Nurmantyo 1,3%, Airlangga Hartarto 1,0%, Erick Thohir 0,9 %, Mahfud MD 0,7%, dan Tito Karnavian 0,7%.

Survei ini dilakukan pada periode 7-21 Agustus 2021 di 34 provinsi terhadap 1.670 responden, dengan teknik multistage random sampling, margin of error 2,4%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

Berita Lainnya