Ramadan momentum tumbuhkan solidaritas nasional

Penanganan Covid-19 butuh kebersamaan, tak hanya mengandalkan pemerintah

Warga berebut sembako yang dibagikan KAHMI di samping Balaikota Malang, Jawa Timur, Rabu (22/4)/Foto Antara/Ari Bowo Sucipto.

Umat Islam di seluruh Tanah Air diimbau menjadikan Ramadan 1441 H sebagai momentum untuk menumbuhkan kepedulian dan solidaritas pada sesama anak bangsa.

"Hari-hari ini layak kita jadikan sebagai hari solidaritas nasional. Karena penanganan Covid-19 butuh kebersamaan, tidak bisa mengandalkan pemerintah saja. Kita ikuti semua protokol kesehatan. Apa yang bisa kita bantu kita bantu dengan semangat gotong royong. Dan memasuki Ramadan solidaritas nasional harus semakin kuat," kata Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini via keterangan tertulisnya, Kamis (23/4).

Umat Islam diharapkan tetap bisa mengambil hikmah yang besar atas kondisi yang terjadi. Selain itu, Jazuli meminta umat Islam berpikir positif, sehingga Ramadan di tengah pandemi bisa menjadi momentum titik balik bagi bangsa Indonesia. 

"Agar Ramadan bisa menghadirkan solidaritas nasional sehingga lahir keberkahan-keberkahan lainnya bagi Indonesia," ujarnya.

Lebih jauh, Jazuli mengimbau agar tetap mendengarkan seruan pemerintah mengenai physical distancing, sesuai protokol kesehatan.