Relawan Jokowi dukung Ganjar akan makin banyak

Seluruh relawan Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan akan mendukung Ganjar Pranowo.

Bakal calon presiden PDIP Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo. Foto tangkapan layar Youtube Ganjar Pranowo.

Seluruh relawan Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan akan mendukung bakal calon presiden PDIP Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo. Salah satu dasarnya adalah hanya Ganjar yang mungkin meneruskan program kerja Jokowi. 

"Kalau semua relawan mendukung Ganjar, karena hanya Ganjar yang akan meneruskan program Jokowi," kata pengamat politik Emrus Sihombing.

Alasannya, kata Emrus, Jokowi dan Ganjar sama-sama kader PDI Perjuangan. Kondisi akan berbeda jika relawan Jokowi mendukung bakal calon presiden dari partai lain, karena program kerja pasti berbeda dari PDI Perjuangan. 

Ribuan orang dari ratusan organisasi relawan Jokowi akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo, Sabtu, 3 Juni di Senayan, Jakarta. Acara bertajuk Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo ini merupakan bentuk ketegasan para relawan dalam menghadapi Pilpres 2024 sehingga tidak ada lagi kebingungan dalam menentukan pilihan.

Emrus menilai, deklarasi di Senayan tersebut akan mengubah peta elektabilitas bakal capres. Hal itu terbukti saat beberapa relawan Ganjar pindah menjadi mendukung bakal capres Prabowo Subianto.