Sandiaga Uno optimistis 50 start-up unicorn bakal lahir

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno optimistis bakal lahir 50 start-up unicorn dalam 5 tahun mendatang.

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno optimistis bakal lahir 50 start-up unicorn dalam 5 tahun mendatang. / Facebook

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno optimistis bakal lahir 50 start-up unicorn dalam 5 tahun mendatang.

Dia menyakini bahwa Indonesia memiliki ekosistem digital yang menjadi peluang untuk menciptakan entrepreneur baru. Menurutnya, bila peluang ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah, maka bukan tidak mungkin dalam kurun lima tahun ke depan, Indonesia mampu memiliki lebih dari 50 unicorn sekaligus.

"Jika mendapat perhatian cukup dari pemerintah, sangat memungkinkan kita bisa menghasilkan 10 unicorn dalam tiga tahun ke depan, bahkan saya percaya lima tahun ke depan bisa tumbuh jadi 50 unicorn atau lebih," ujar Sandiaga dalam acara Indonesia Economic Forum 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (21/11).

Unicorn adalah perusahaan rintisan alias start-up dengan valuasi mencapai lebih dari US$1 miliar setara Rp15 triliun. Saat ini, tercatat ada empat unicorn di Indonesia, yakni Go-Jek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia.

Adapun perhatian pemerintah yang dimaksud Sandi yaitu terkait penerbitan regulasi yang menguntungkan bagi perusahaan start-up untuk dapat tumbuh menjadi unicorn. Namun, Sandi tak merinci jenis regulasi yang dimaksud.