Sekjen Demokrat: Demokrat tak berfikir membuat koalisi

Fungsi kontrol terhadap pemerintah bisa dilakukan anggota DPR dari Demokrat tanpa harus membentuk koalisi.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan.Alinea.id/Fadli Mubarok

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tampaknya belum berencana melakukan pertemuan dengan PKS. Pasalnya SBY sedang bersiap mengumpulkan 1.000 kadernya di Jakarta Convention Center (JCC) pada 11 Desember 2019. SBY akan menyampaikan refleksi dan kajian terkait situasi negara selama setahun ini dan sikap-sikap politik ke depan.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, kajian politik Demokrat yang akan disampaikan SBY lebih penting ketimbang bertemu dengan PKS.

"Menurut saya, ini jauh lebih penting ketimbang bertemu untuk sekedar salaman, berfoto-foto, dan berangkulan. Pendidikan politik yang terbaik adalah bagaimana membuat kajian-kajian yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat," kata Hinca kepada Alinea.id di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (6/12).

Hinca mengatakan partainya sudah tak memikirkan koalisi sebagaimana diwacanakan PKS. Toh, fungsi kontrol terhadap pemerintah bisa dilakukan anggota DPR dari Demokrat tanpa harus membentuk koalisi.

"Buat kami koalisi gak ada lagi. Gak seksi lagi. Koalisi untuk apa per hari ini? Yang penting negara ini kita kritisi bersama. Koalisi gak relevan lagi hari ini buat Demokrat," jelasnya.