Sinyal 2024 di balik kembali mesranya NasDem dan Anies 

Ada gelagat NasDem tengah menyiapkan Anies Baswedan sebagai figur yang bakal diusung di Pilpres 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. /Antara Foto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipastikan bakal hadir dalam Kongres NasDem di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 8-11 November mendatang. Tak hanya sebagai tamu undangan, Anies bahkan disiapkan untuk membuka hajatan politik partai besutan Surya Paloh itu. 

Menurut pakar komunikasi politik dari Universitas Brawijaya Anang Sudjoko, sulit untuk dimungkiri kehadiran Anies di Kongres NasDem bernuansa politis. NasDem, kata Anang, tampaknya ingin menjadikan Anies sebagai senjata untuk memperingatkan parpol koalisi, khususnya PDI-Perjuangan. 

"Ini bisa menjadi warning bagi PDI-P atau parpol pendukung Jokowi bahwa Partai NasDem sudah memiliki jagoan. Meski hal ini masih terlalu dini untuk memastikan bahwa Partai NasDem akan mencalonkan Anies sebagai capresnya mendatang," ujar Anang saat dihubungi Alinea.id, Selasa (5/11). 

Menurut Anang, pamer kemesraan antara NasDem dan Anies merupakan gertakan untuk menunjukkan eksistensi NasDem sebagai partai besar di koalisi yang suaranya harus didengar. "Tidak kalah dengan PDI-P, meski keadaan ini kemudian bisa saja berubah kembali," ujar dia. 

Ini bukan kali pertama NasDem menunjukkan keakraban dengan Anies. Akhir Juli lalu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh sempat mengundang Anies untuk makan siang di markas NasDem di Gondangdia, Jakarta Pusat.