Strategi Ganjar-Mahfud bebaskan nelayan dari jerat utang

Pasangan Ganjar-Mahfud disebut sudah punya strategi terperinci untuk membebaskan kelompok nelayan dari jerat utang. 

Calon presiden yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, menyambangi nelayan di kawasan Lempasing, Kota Bandar Lampung. Foto Instagram @ganjar_pranowo.

Juru bicara (Jubir) Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud), Chico Hakim menyebut pasangan jagoannya sudah punya strategi terperinci untuk membebaskan kelompok nelayan dari jerat utang. 

Chico mengatakan upaya menghapus utang nelayan tertuang dalam program ekonomi biru ala Ganjar-Mahfud. Secara ringkas, ekonomi biru ialah memaksimalkan kontribusi sektor laut terhadap pertumbuhan ekonomi dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Spirit dari pengembangan ekonomi biru ini tentu utamanya juga untuk mengangkat harkat kehidupan para nelayan," ujar Chico kepada wartawan di Jakarta, Selasa (26/12).

Maksimalisasi potensi ekonomi biru, kata Chico, bakal dilakukan dengan sejumlah cara, yakni mendongkrak produksi perikanan budi daya, membangun industri pengolahan hasil perikanan, memeratakan sentra-sentra perikanan, dan memperbaiki regulasi. 

Bagi para nelayan, Chico menyebut Ganjar-Mahfud juga bakal menyediakan beragam insentif dan stimulus, termasuk pendampingan dan pelatihan secara rutin. "Lalu, pemberian bantuan alat tangkap atau solar subsidi, serta pemutihan kredit macet para nelayan," imbuh dia.