Survei Charta Politika: Elektabilitas Nasdem naik, PDIP, Gerindra dan Golkar stagnan

Partai Nasdem sedikit mengalami kenaikan setelah mencalonkan Anies Baswedan sebagai kandidat presiden di 2024.

Partai Nasdem sedikit mengalami kenaikan setelah mencalonkan Anies Baswedan sebagai kandidat presiden di 2024. Foto: twitter.com/aniesbaswedan

Survei persepsi publik lembaga Charta Politika menyebutkan elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, dan Golkar mengalami stagnan meski berada di peringkat tiga teratas. Sebaliknya, Partai Nasdem sedikit mengalami kenaikan setelah mencalonkan Anies Baswedan sebagai kandidat presiden di 2024.

"Jadi, tiga besar ini kalau kita lihat, baik Golkar, Gerindra dan PDIP, kalau dilihat dua bulan terakhir bisa dikatakan cendrung mengalami stagnasi," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, dalam pemaparan survei secara daring, Selasa (29/11).

Dalam survei yang dilakukan pada 4-12 November 2022, PDIP masih unggul di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 21,7%, dikuti Gerindra (15,5%) dan Golkar dengan elektabilitas 9,8%.

Kemudian di urutan keempat ada PKB (8,5%), diikuti Demokrat 7,3%, PKS 6,9%, Nasdem 6%, PAN 4%, PPP 3,6% dan Partai Perindo 2,5%. Sedangkan sejumlah parpol lainnya masih di bawah angka 1% dan yang belum menjawab sebanyak 13%.

"PAN ini pertama kali dalam survei kalau kita lihat sudah melewati angka parliament threshold (PT). Dan PPP 3,6%, masih belum menyentuh angka parliament threshold, tetapi sudah mendekati," kata Yunarto.