Survei SMRC: Anies-Muhaimin dapat dukungan publik 16,5%

Saiful mengatakan bahwa pihaknya belum pernah membuat simulasi Anies berpasangan dengan Muhaimin.

Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar. Foto: Viva

Setelah Anies Baswedan dan Muhaimin dipasangkan koalisi Partai Nadem, PKS dan PKB bagaimana dukungan publik terhadap pasangan tersebut, berdasarkan penelusuran lembaga survei? Menurut Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Anies- Muhaimin dapat dukungan publik 16,5 %.

Demikian temuan survei terbaru SMRC yang dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023. Pendiri SMRC Prof Saiful Mujani menyatakan bahwa setelah deklarasi Anies-Muhaimin tanggal 2 September 2023, pada tanggal 5 September SMRC melakukan survei telepon.

Dia menjelaskan bahwa survei telepon dilakukan pada warga yang memiliki telepon. Mereka merepresentasikan 80 persen pemilih. Yang potensial memiliki pandangan tentang deklarasi Anies-Muhaimin adalah warga yang memiliki akses ke media online, dan mereka adalah warga yang punya akses pada internet dan memiliki telepon. Karena itu, survei telepon cukup bisa menggambarkan sikap dan sentimen pemilih terhadap deklarasi pasangan Anies-Muhaimin atau yang dikenal sebagai pasangan Amin.

Dalam simulasi ini, Anies-Muhaimin melawan Ganjar-Ridwan Kamil dan Prabowo-Erick Thohir. Saiful menjelaskan bahwa ini hanya simulasi untuk melihat bagaimana reaksi publik pada pasangan Anies-Muhaimin setelah dideklarasikan. Ganjar belum memutuskan akan berpasangan dengan siapa, tapi dari berita yang beredar, salah satu yang potensial adalah Ridwan Kamil.

Ridwan sendiri sudah bertemu dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno-Putri. Sementara untuk Prabowo, salah satu tokoh yang potensial menjadi pasangannya adalah Erick Thohir. Erick Thohir didukung sebagai wakil presiden oleh Partai Amanat Nasional (PAN), partai yang sekarang mendukung Prabowo. Erick sudah melakukan sosialisasi sejak jauh hari untuk menjadi calon wakil presiden.