Survei SMRC dan RTK: Ganjar - Yasin tak terbendung di Jateng

Elektabilitas Ganjar Pranowo-Taj Yasin tak terbendung berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh dua lembaga yang merilis nyaris bersamaan.

Elektabilitas Ganjar Pranowo-Taj Yasin tak terbendung mengalahkan Sudirman-Ida berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh dua lembaga yang merilis nyaris bersamaan. / Antara Foto

Elektabilitas Ganjar Pranowo-Taj Yasin tak terbendung berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh dua lembaga yang merilis nyaris bersamaan.

Kedua lembaga tersebut adalah Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Roda Tiga Konsultan (RTK). Tingkat keterpilihan Ganjar sebagai incumbent jauh melaju meninggalkan pesaingnya, Sudirman.

SMRC merekam hasil survei terbarunya yang menyebutkan elektabilitas Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin mencapai 70,1%. Elektabilitas tersebut jauh mengalahkan Sudirman Said-Ida Fauziah yang meraup 22,6%, dan responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 7,3%.

Direktur SMRC Sirojuddin Abbas menjelaskan, meski unggul jauh, tren elektabilitas Ganjar-Yasin justru stagnan dalam tiga bulan terakhir. Berkebalikan dengan terus menanjaknya elektabilitas Sudirman-Ida pada periode yang sama.

"Akan tetapi, kenaikan tersebut berada dari pemilih mengambang. Sehingga, tidak terlalu mengganggu elektabilitas Ganjar Pranowo," katanya di kantor SMRC Jakarta, Jumat (22/6).