Surya Paloh: Deklarasi pencapresan Anies tak terkait isu korupsi Formula E

Ketua KPK, Firli Bahuri, sempat disebut-sebut mengupayakan Anies menjadi tersangka kasus Formula E.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyampaikan sambutannya dalam acara deklarasi pencapresannya pada 2024 oleh Partai NasDem di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, pada Senin (3/10/2022). Twitter/@NasDem

Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh, menegaskan, deklarasi dukungan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden (capres) 2024 tidak berhubungan dengan penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan rasuah Formula E.

Isu Anies terjerat kasus Formula E sempat menjadi perbincangan publik. Bahkan, Ketua KPK, Firli Bahuri, disebut mengupayakan Anies menjadi tersangka ajang balap mobil listrik tersebut.

"Terkait KPK, saya tidak tahu. Saya sungguh-sungguh enggak melihat hubungan NasDem, pencalonan Anies, dan KPK. Semua berjalan masing-masing," kata Surya Paloh di kantor DPP NasDem,  Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Meskipun demikian, Surya mengatakan, partainya tak mempermasalahkan munculnya isu tersebut. "Terjadi bermacam-macam persepsi, ya, kan? Itulah hidup dan terimalah kehidupan itu seperti itu."

Mulanya, NasDem dikabarkan akan mengumumkan capres yang diusungnya pada 10 November mendatang bersama partai koalisi. Namun, ternyata disampaikan pada hari ini.