Tingkat kepuasan masyarakat pada Jokowi sangat tinggi

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan Jokowi memiliki modal kuat untuk menjalankan roda pemerintahan di periode keduanya.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan Jokowi memiliki modal kuat untuk menjalankan roda pemerintahan di periode keduanya. / Antara Foto

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan Jokowi memiliki modal kuat untuk menjalankan roda pemerintahan di periode keduanya.

Hal ini terlihat dari survey "Intoleransi dan Kebebasan Sipil serta Modal Kerja Pada Periode Kedua Pemerintahan Joko Widodo" yang dilakukan LSI pada kurun waktu 8-17 September 2019. Dari hasil survei ditemukan tren penguatan identitas kebangsaan.

Direktur Ekstekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi mengatakan, dari survei yang dihimpun LSI, sebanyak 86% warga muslim meyakini bahwa Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 adalah landasan terbaik bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Hanya 4% yang merasa dasar negara ini bertentangan dengan Islam dan hanya 1,8 % yang menganggapnya perlu diganti dengan Undang-Undang Dasar yang lain," ujar Djayadi di Jakarta, Minggu (3/11).

Selain itu, Djayadi mengatakan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi sangat tinggi, yakni di angka 71,8%, berbanding 26,5% yang menyatakan tidak puas.