Tuah para istri di medan laga Pilpres 2024

Fery Farhati, istri Anies Baswedan, mulai aktif menggelar kampanye terpisah dari sang suami.

Fery Farhati (tengah), istri capres Anies Baswedan, saat jadi pembicara di sarasehan 'Peran Perempuan Mengawal Perubahan 2024' di Hotel Preanger, Bandung, Jawa Barat, awal Desember 2023. /Foto Instagram @fery.farhati

Fery Farhati tak lagi hanya sekadar hadir sebagai pendamping calon presiden (capres) Anies Baswedan di berbagai ajang kampanye Pilpres 2024. Sejak beberapa hari lalu, Fery juga mulai "bekerja sendirian". Meski begitu. perempuan berusia 52 tahun itu pede tampil di depan publik untuk menyosialisasikan program-program andalan sang suami. 

Teranyar, Fery tercatat menghadiri acara senam bersama kalangan emak-emak di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (6/12). Dalam acara yang dinisiasi kader-kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Fery hanya didampingi putri sulungnya, Mutiara Annisa Baswedan. 

Kepada ribuan emak-emak yang hadir dalam acara itu, Fery menjanjikan jaminan kesehatan yang merata dan mudah diakses jika pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) memenangkan Pilpres 2024. Pasangan AMIN, kata dia, juga bakal mendongkrak jumlah puskesmas dan tenaga kesehatan di berbagai daerah. 

”Anies-Muhaimin punya program sehat untuk semua. Insyaallah, kita upayakan bersama untuk memenangkan Anies-Muhaimin,” kata perempuan yang pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta periode 2017-2022 itu. 

Sekira tiga hari sebelumnya, Fery juga hadir dalam acara sarasehan bertajuk "Peran Perempuan Mengawal Perubahan 2024" di Hotel Preanger, Bandung, Jawa Barat (Jabar). Ketika itu, ia didampingi Netty Prasetiyani Heryawan, istri eks Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.