Voxpol: Terbuka peluang Pilpres diikuti tiga pasangan calon

Prediksinya itu melihat peta politik saat ini yaitu sejumlah partai politik belum juga mendeklarasikan dukungan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Wahyu Setiawan (kiri) didampingi Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (tengah) mencoba ruang simulasi pemungutan suara di Taman Pintar, DI Yogyakarta./AntaraFoto

Kendati peluangnya kecil, tetapi sejumlah kalangan optimistis Pilpres 2019 akan diikuti tiga pasangan calon.  

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago memprediksi, Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 akan diikuti tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, ditandai dengan terbentuknya poros ketiga.

"Karena itu terbuka peluang Pilpres 2019 diikuti tiga pasangan calon karena partai yang tidak puas dengan sikap koalisi pendukung Jokowi maupun Prabowo, kemungkinan membentuk poros ketiga," kata Pangi seperti dilansir Antara, Senin (7/5).

Prediksinya itu melihat peta politik saat ini yaitu sejumlah partai politik belum juga mendeklarasikan dukungan, diperkirakan karena tarik menarik kepentingan.

Masing-masing parpol terkesan menginginkan tokoh yang mereka usung duduk sebagai cawapres Joko Widodo maupun cawapres Prabowo Subianto.