Yudi Latif mundur, internal BPIP dinilai bermasalah

Taufik Kurniawan mempertanyakan kondisi internal BPIP yang memicu Yudi Latif mengundurkan diri.

Yudi Latif mengundurkan diri sebagai Kepala BPIP./Antara Foto

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengaku kaget dan mempertanyakan mundurnya Yudi Latif sebagai Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), saat institusi tersebut menjadi sorotan sejumlah kalangan. Bagi Taufik, mundurnya Yudi menyisakan pertanyaaan kondisi internal BPIP. 

Taufik mengatakan, mundurnya Yudi Latif saat gaji dan hak keuangan Dewan Pengarah BPIP menjadi polemik dan perbincangan publik, justru akan menjadi pertanyaan besar. Apalagi pemerintah telah memberikan klarifikasi, namun tiba-tiba Kepala BPIP mengundurkan diri.

Taufik pun mempertanyakan sebenarnya apa yang terjadi di internal BPIP karena memberi kesan selama ini lembaga tersebut baik-baik saja. Apakah ada permasalahan internal.

"Presiden Joko Widodo yang mengangkat dan melantik Yudi Latif, harus dapat memberikan penjelasan kepada publik, terkait kemunduran Yudi Latif. Kehadiran BPIP yang diharapkan menjadi harapan baru bagi masyarakat, malah terus-terusan menjadi polemik," terang Taufik, Jumat (8/6) seperti dikutip Antara.

Dia berharap BPIP tampil dan menjawab harapan masyarakat dalam kaitan membumikan Pancasila, dan membantu Presiden dalam merumuskan arah pembinaan ideologi Pancasila. Apalagi di tengah masifnya paham radikalisme, sehingga masyarakat berharap BPIP semakin meningkatkan pembinaan ideologi Pancasila.