Enam Dimensi dalam Gerakan Menuju Smart City di Indonesia

Dalam proses menuju smart city, terdapat enam dimensi di dalamnya, yaitu smart city, itu ada smart environment, smart economy, smart brandin

Lismei Yodeliva Minggu, 19 Des 2021 17:54 WIB
Koordinator Penyusunan Masterplan Smart City Direktorat LAIP, Dwi Elfrida Simanungkalit

Indonesia, negara kepulauan yang memiliki sebanyak 514 kota/kabupaten. Meski demikian, hingga saat ini baru 141 Kota/Kabupaten yang telah mendapatkan pendampingan penyusunan masterplan smart city. Artinya, masih ada sekitar 350 sekian kota/kabupaten yang belum mendapatkan pendampingan penyusunan masterplan smart city. 

Koordinator Penyusunan Masterplan Smart City Direktorat LAIP, Dwi Elfrida Simanungkalit menjelaskan, adanya beberapa kendala utama yang membuat pengimplementasian smart city menjadi terhambat.

Kendala dan tantangan itu sangat banyak, terutama tentang keseriusan dan komitmen dari kepala daerahnya. Beberapa kepala daerah sangat concern dalam mengimplementasikan program smart city tapi ada ada juga beberapa yang masih belum mengutamakan implementasi smart city di kota/kabupaten nya,” ujar Dwi dalam video wawancara “Progres Gerakan Menuju Smart City di Indonesia” pada channel Youtube E Government Indonesia, Minggu (19/12).

Menurut Dwi, hal itu didorong dengan adanya pola pikir (mindset) yang salah terhadap smart city. Smart City bukan hanya tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau Information and Communication Technology (ICT), dan internet saja. Dalam proses menuju smart city, terdapat enam dimensi di dalamnya, yaitu smart city, itu ada smart environment, smart economy, smart branding,smart govenment,  smart society, dan smart living.

Smart environtment yaitu menyiapkan kawasan wisata prioritas menjadi kawasan yang bersih, bebas sampah, dan tertib, tanpa meninggalkan unsur tradisionalnya. Selanjutnya, smart economy yakni memastikan implementasi TIK dalam proses transaksi (cashless) berlangsung di kawasan wisata prioritas dan pemerintah daerah sekitarnya.

Pemerintah
Lismei Yodeliva