Waspada Ancaman Varian Baru dan Lonjakan Kasus Covid-19

Jelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), masyarakat diharapkan untuk lebih waspada terhadap kenaikan kasus Covid-19.

Eka Setiyaningsih Selasa, 14 Des 2021 13:54 WIB
Ilustrasi/Freepik

Jelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), masyarakat diharapkan untuk lebih waspada terhadap kenaikan kasus Covid-19. Tidak hanya terkait lonjakan kasus, pencegahan terhadap Varian baru Omicron juga perlu ditangani dengan baik.

Lonjakan kasus Covid-19 bisa terjadi selama periode libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru. Terutama bila tak disiapkan upaya antisipasi dan pengendalian terhadap mobilitas masyarakat saat libur Nataru.

Karena itu, pemerintah menyiapkan beberapa strategi untuk mengendalikan lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air. Termasuk mengantisipasi Covid-19 varian Omicron.

Strategi Pencegahan

Merujuk Satgas Penanganan Covid-19, ada beberapa aspek penting ataupun strategi untuk pencegahan lonjakan kasus Covid-19. Strategi ini dapat direalisasikan dalam bentuk sejumlah kebijakan, yaitu, pencegahan kasus impor terutama varian yang diwaspadai, pengendalian mobilitas yang aman, dan penegakan disiplin protokol kesehatan yang aman.

Covid-19
Eka Setiyaningsih