sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

3 arahan Presiden memitigasi dampak Covid-19 bagi sektor riil

Program mitigasi dampak Covid-19 pada sektor riil penting sekali karena sektor ini sangat terpukul oleh pandemi Covid-19.

Hermansah
Hermansah Rabu, 22 Apr 2020 11:22 WIB
3 arahan Presiden memitigasi dampak Covid-19 bagi sektor riil
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Presiden Joko Widodo memberikan tiga arahan terkait upaya mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor riil melalui Rapat Terbatas "Lanjutan Program Mitigasi Terhadap Sektor Riil" yang diselenggarakan melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

"Sektor riil menyerap banyak tenaga kerja dan kita harap mereka mampu bertahan dan tidak melakukan PHK. Saya ingin menekankan beberapa hal," ujar Presiden.

Presiden mengatakan, pertama, perlu dilakukan penilaian yang cepat terhadap sektor riil yang terdampak dengan cara memilahnya secara detail terkait sektor apa yang terdampak  paling parah,  sedang dan mana sektor yang mampu bertahan dan justru bisa mengambil peluang.

Kedua, Presiden mengingatkan yang harus dibantu bukan hanya sektor kecil dan menengah melainkan juga sektor usaha mikro.

"Usaha mikro, usaha kecil plus usaha menengah penting, sehingga stimulus ekonomi harus menjangkau sektor-sektor ini. Jangan dilupakan yang berkaitan dengan sektor-sektor informal, karena ini juga banyak menampung tenaga kerja," jelas Presiden.

Ketiga, Kepala Negara meminta skema stimulus ekonomi bagi sektor riil ini betul-betul terbuka, transparan dan terukur.

"Sektor apa mendapat stimulus apa dan bisa selamatkan tenaga kerja berapa, semuanya dihitung dan saya minta diverifikasi detail, dievaluasi berkala sehingga efektivitas stimulus ekonomi betul-betul bisa dirasakan sektor riil," ujarnya.

Presiden menyampaikan program mitigasi dampak Covid-19 pada sektor riil penting sekali karena sektor ini sangat terpukul oleh pandemi Covid-19.

Sponsored

Oleh sebab itu, Presiden menekankan diperlukan penyelamatan dan stimulus ekonomi yang menyentuh sektor yang paling terdampak. (Ant)

Berita Lainnya