sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Apkasi Otonomi Expo 2019 serap investasi Rp30 miliar

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2019 telah menyerap investasi senilai Rp30 miliar untuk sementara.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 05 Jul 2019 21:42 WIB
Apkasi Otonomi Expo 2019 serap investasi Rp30 miliar

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2019 telah menyerap investasi senilai Rp30 miliar untuk sementara. Gelaran pameran produk unggulan pemerintahan kabupaten ini resmi ditutup. 

Penanggung jawab bisnis matching untuk kegiatan, Mukhlis Habidi menyatakan, sampai dengan saat ini total serapan investasi yang diterima oleh berbagai kabupaten baru mencapai Rp30 miliar. 

Meski masih jauh dari capaian yang berhasil diperoleh untuk gelaran yang sama tahun lalu senilai Rp2,5 triliun, Mukhlis masih optimistis capaian kali ini tidak banyak berubah.

“Iya, tidak sebesar tahun lalu. Tapi ini kan baru penghitungan 30%, belum seluruhnya. Kita perkirakan tahun ini juga mencapai Rp2 triliun,” ucapnya ketika ditemui saat penutupan acara, Jumat (5/7).

Di samping itu, lanjutnya, saat ini sudah ada 10 penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang siap ditindaklanjuti untuk jadi investasi dan perjanjian dagang dengan berbagai daerah.

“Tapi kita ada 10 kesepakatan MoU pada saat forum bisnis. Itu MoU payung antara Apkasi dengan beberapa lembaga mitra. Dari MoU itu ditindaklanjuti dengan daerah-daerah untuk MoU dengan calon investor,” ucapnya.

Mukhlis menjelaskan, sektor yang paling banyak mendatangkan investasi adalah komoditas perkebunan. Komoditas seperti kopi, kakao, karet, sawit, dan kayu non hutan yang bersifat lestari adalah komoditas unggulan yang banyak menarik minat investor.

“Sesuai fokus kita, yang paling banyak menarik minat investor itu dari komoditas perkebunan,” tuturnya.

Sponsored

Sedangkan untuk sektor pariwisata sendiri baru akan difokuskan menjadi tema utama pameran pada tahun depan. Saat ini, katanya, investasi di sektor pariwisata tidak cukup banyak.

“Pariwisata memang saat ini belum menjadi prioritas. Tahun depan kita fokus rencana ke pariwisata. Tapi kita sudah mulai kick off workshop pariwisata yang menghadirkan beberapa daerah dan beberapa narasumber untuk membuat pariwisata baru,” terangnya.

Apkasi Otonomi Expo 2019 resmi ditutup oleh Ketua Apkasi yang baru Azwar Anas. Dalam sambutannya Azwar mengatakan, ke depan asosiasi pemerintahan kabupaten tersebut akan fokus menggunakan teknologi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dengan memasarkan produk unggulannya dengan lebih luas.

“Apkasi ke depan perlu berkolaborasi dengan pengembangan teknologi baru. Agar ke depan daerah-daerah itu tidak hanya membuat produk-produk sendiri tetapi juga terkoneksi dengan e-commerce besar,” ucapnya.

Dukungan teknologi, katanya, juga akan memudahkan kepala daerah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya dengan sejumlah terobosan baru yang dapat dikembangkan.

“Agar kepala daerah bisa memberikan pelayanan yang baik kepada rakyat dengan inovasi-inovasi baru,” tuturnya.